Pages

Friday, August 2, 2019

Gejala dan Penyebab Kanker Otak, Penyakit yang Diidap Agung Hercules - detikHealth

Jakarta - Pelantun lagu 'Astuti', Agung Hercules meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker otak glioblastoma stadium 4. Apa saja penyebab dan gejala kanker otak glioblastoma?

Kanker agresif yang kerap menyerang otak atau tulang belakang ini terbentuk dari sel astrocytes yang mendukung sel saraf, menurut Mayoclinic.org. Glioblastoma bisa muncul langsung sebagai tumor stadium IV tanpa tanda pergerakan dari stadium awal.

Pasien yang mengidap glioblastoma mengalami dua gejala, yakni gejala umum dan fokus. Dikutip dari Raredisease.org, gejala umum dapat berupa sakit kepala, kejang, kehilangan memori, mual dan muntah yang biasa terjadi pada jenis tumor otak lain. Hal ini juga disebabkan oleh tumor yang terus bertumbuh dengan cepat dan otak membengkak.

Gejala fokus, letaknya tergantung dari lokasi dan ukuran tumor. Misalnya, jika tumor berada di bagian otak yang berfungsi memproses bahasa, pasien dapat mengalami kesulitan berbicara atau memahami kalimat. Bentuk gejala fokus yang lain adalah lemahnya fungsi otot, kehilangan kemampuan sensorik, dan berubahnya kemampuan visual.

Penyebab glioblastoma masih belum diketahui sampai saat ini. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 5 persen glioblastoma disebabkan turun menurun Sedangkan 95 persen sisanya tidak bisa dipastikan penyebabnya secara spesifik.

Sel glioblastoma punya ketidaknormalan genetik lebih besar dibandingkan sel-sel dari jenis kanker otak astrositoma yang lain. Glioblastoma dikenal sulit untuk disembuhkan, namun penanganan yang tepat bisa memperlambat pertumbuhan kanker dan mengurangi gejalanya.

Simak Video "Apa Benar Konsumsi Ikan Berlebihan Bisa Memicu Kanker?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Let's block ads! (Why?)

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4649401/gejala-dan-penyebab-kanker-otak-penyakit-yang-diidap-agung-hercules

No comments:

Post a Comment