Pages

Wednesday, March 20, 2019

Disney Beli Fox Rp 1 Kuadriliun, Berapa Besar Sih Itu? - detikFinance

Jakarta - Disney akhirnya mencapai kesepakatan untuk membeli 21st Centuri Fox. Nilai akuisisi tersebut mencapai US$ 71 miliar. Jika dirupiahkan, angka tersebut setara dengan Rp 1 kuadriliun.

Nominal ini mungkin asing di telinga masyarakat. Rp 1 kuadriliun sendiri memiliki 15 angka nol di belakang angka 1. Artinya, Rp 1 kuadriliun setara dengan Rp 1.000 triliun.

Di atas angka kuadriliun masih ada nominal yang lebih besar, antara lain kuantiliun dengan 18 angka nol, sektiliun dengan 21 angka nol, dan septiliun dengan 24 angka nol.

Kembali soal akuisisi, angka tersebut di atas penawaran Disney kepada Fox senilai US$ 52,4 miliar atau Rp 711 triliun pada tahun 2017. Angka tawaran Disney pada Fox naik setelah sebelumnya Comcast juga tertarik bersaing untuk mengakuisisi Fox belum lama ini.

Dikutip dari Variety Rabu (20/3/2019), Disney telah mengeluarkan pernyataan resminya atas kabar kesepakatan studio ini dan Fox yang telah selesai.


"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami, yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami," kata CEO Disney Bob Iger.

Aset Fox yang akan berpindah ke tangan Disney meliputi Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, dan Fox Animation.

Selain studio, saluran televisi yang kini juga akan berada di bawah kendali Disney di antaranya unit kreatif televisi Fox, Twentieth Century Fox Television, FX Productions, dan Fox21. Jaringan FX, National Geographic Partners, Fox Networks Group International, dan sejumlah aset Fox di jaringan streaming Hulu.

"Menggabungkan kekayaan konten kreatif Disney dan 21st Century Fox terbukti menciptakan perusahaan hiburan global terkemuka. Hal ini membawa arah yang baik untuk memimpin dalam era yang sangat dinamis dan transformatif," imbuh Iger.

(ang/ang)

Let's block ads! (Why?)

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4475703/disney-beli-fox-rp-1-kuadriliun-berapa-besar-sih-itu

No comments:

Post a Comment